VISITASI AKREDITASI PRODI BIOLOGI : KOMITMEN MELAKUKAN PERUBAHAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS

Tidak terasa, 5 tahun sudah Prgram Studi Biologi FMIPA UAD meraih status akreditasi B. Tentu telah banyak perubahan dan perbaikan yang telah di lakukan untuk memperoleh status tersebut.

Kini, semenjak 5 tahun berlalu, Tim Asesor di terjunkan kembali oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk melakukan peninjauan kembali terkait dengan upaya-upaya perbaikan yang telah diselenggarakan oleh Prgram Studi Biologi. Selama dua hari (14-15/11), Tim Asesor akan melakukan verifikasi kesesuaian dokumen tertulis dengan yang terjadi di lapangan.

Adapun hasil Asesmen Lapangan ini baik atau tidak, akan dijadikan cermin oleh Prodi Biologi untuk mengetahui kekurangan-kekurangan yang ada pada setiap proses akademik yang telah dilaksanakan. “Hasil penilaian Asesor baik, berarti layanan yang telah diupayakan sudah baik. Namun, apabila hasil penilaian Asesor buruk, berarti layanan yang telah diupayakan perlu ditingkatkan menjadi semakin baik,” ungkap Bapak Tawar A.G selaku ketua panitia visitasi akreditasi Program Studi Biologi.

Komitmen untuk melakukan perbaikan telah dilakukan oleh FMIPA UAD secara berkala untuk meningkatkan kualitas pelayanan akademik. “Proses Asesmen Lapangan ini adalah salah satu bagian dari proses penilaian eksternal. Karena secara internal, FMIPA UAD, khususnya Prodi Biologi telah melakukan berbagai perubahan baik secara kontinu,” papar Dekan FMIPA UAD, Bapak Aris Thobirin.