Program Studi Biologi

A. Integritas, Jatidiri, Visi, Misi, Sasaran, dan Tujuan

Indonesia merupakan negara megabiodiversitas dan selayaknya menjadi negara besar, dengan mengembangkan potensi alam yang berlimpah, untuk kesejahteraan rakyatnya. Tetapi yang terjadi, justru pencurian-pencurian kekayaan alam Indonesia, yang meliputi illegal logging, illegal fishing dan illegal mining, telah merugikan negara sampai 90 trilyun. Oleh karena itu, dibutuhkan keseriusan pemerintah dan masyarakat, untuk menjaga dan mengembangkan sumber daya alam Indonesia. Salahsatu faktor yang mendukung pengembangan sumber daya alam, adalah riset di bidang Biologi, yang saat ini dikenal sebagai Bioprospecting. Selain itu, kebutuhan akan energi hijau atau yang dikenal sebagai Biofuel sebagai pengganti bahan bakar minyak, telah menjadikan Indonesia, sebagai ladang investor asing, untuk mengembangkan Biofuel. Tetapi disisi lain, ternyata peningkatan perluasan lahan untuk biofuel, telah mengikis habis sebagian besar hutan di Indonesia. Oleh karena itu, dibutuhkan banyak sekali ahli Biologi di Indonesia, yang dididik di perguruan tinggi, untuk bisa mengembangkan dan melestarikan sumber daya alam Indonesia, sebagai hasil riset di bidang Biologi.

Oleh karena itu, Universitas Ahmad Dahlan mendirikan Prodi Biologi, untuk menjawab kebutuhan dan tantangan yang dihadapi bangsa dan masyarakat tersebut. Program studi Biologi resmi berdiri dengan adanya Surat Keputusan (SK) Dirjen Pendidikan Tinggi (DIKTI) Nomor : 93/DIKTI/KEP/2000. Secara organisatoris, Prodi Biologi berada dalam lingkup Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam dan telah terakreditasi dengan Nilai C dari BAN PT, pada tahun 2006. Prodi Biologi bertempat di Kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan. Prodi Biologi memiliki 10 ruang kuliah, 4 ruang laboratorium, 6 ruang dosen tetap dan 1 perpustakaan Prodi. Saat ini, proses belajar mengajar di Prodi Biologi, dilaksanakan oleh 6 orang dosen tetap, 25 dosen tidak tetap dan 4 laboran. Dalam 4 tahun terakhir, hasil proses belajar mengajar di Prodi Biologi telah meluluskan 131 mahasiswa, dengan IPK rata-rata lulusan tiap tahun antara 3,10-3,16.

Untuk mewujudkan proses belajar mengajar yang baik, dengan menghasilkan keluaran yang berkualitas dan berdaya serap tinggi dalam lingkungan pekerjaan, Prodi Biologi telah menetapkan visi, misi, sasaran dan tujuan programnya, sebagai berikut:

Visi Prodi Biologi UAD :

Menjadi Program Studi yang unggul di bidang ilmu pengetahuan, menuju perubahan dan kemajuan, yang mampu memberikan sumbangan optimal bagi usaha mencerdaskan bangsa dengan semangat profesionalisme, dedikasi dan pelayanan, dilandasi moral dan etika keislaman.

Misi Prodi Biologi UAD :

  1. Menyelenggarakan program-program akademik di lingkungan Fakultas MIPA UAD yang berkualitas dan terbakukan secara nasional dan internasional.
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian bagi dosen dan mahasiswa, serta mendorong terciptanya iklim penelitian yang baik, sehingga terselenggaranya penelitian yang berkualitas.
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan dan pengabdian pada masyarakat.
  4. Meningkatkan kualitas dan kuantitas kerja sama dengan pemerintah maupun swasta tingkat nasional dan internasional dalam penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *