FMIPA UAD Kenalkan Roket Air ke anak-anak SD

Senin 19 Maret 2018, Fakultas MIPA UAD kembali mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa pengenalan Sains kepada masyarakat . Bertujuan untuk mengenalkan sains sedini mungkin, kegiatan ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah Girikerto, Turi, Sleman, D.I.Yogyakarta. Kegiatan ini berupa pengenalan serta pembuatan roket air bersama anak-anak SD. Anak-aak diajak untuk mengenal sains dengan cara yang menyenangkan, tidak hanya itu, kreatifitas mereka juga dikembangkan melalui krasi roket air yang mereka buat sendiri. Dipandu oleh Ibu Dian Eka Wijayanti, M.Si. dan Ibu Nursyiva Irsalinda, M.Sc , anak-anak sangat antusias dalam membuat badan roket air dibantu beberapa mahasiswa UAD.

Kegiatan ini dimulai pagi pukul 08.00 hingga 11.30 WIB, dibuka oleh Prof. Haryadi sebagai pencetus kegiatan pengabdian ini , dilanjutkan dengan pembuatan roket air secara bersama-sama oleh anak-anak , dan diakhiri dengan peluncuran serta foto bersama. Keceriaan hadir selama kegiatan berlangsung, keceriaan anak-anak memuncak ketika roket-roket yang mereka buat diluncurkan. Melalui acara ini, anak-anak diharapkan mengenal bahwa sains merupakan hal yang sangat menarik dan menyenangkan, selain itu sains juga bermanfaat bagi kehidupan dan mampu menjadi salah satu pilihan bagi mereka di usia dewasa kelak.

Setelah acara peluncuran roket air, kegiatan pengabdian ini diakhiri dengan penyerahan Launcher Roket Air secara simbolis oleh Prof. Haryadi , serta sejumlah dana untuk SD Muhammadiyah Girikerto dari LKU UAD. Pengabdian ini diharapkan bisa berkelanjutan agar mampu memberi manfaat yang lebih banyak lagi.