Penerapan Statistika dalam Bioinformatics

Statistika berperan penting dalam kehidupan manusia. Penerapannya dapat ditemui di segala bidang ilmu, seperti ilmu alam, ekonomi, politik, bahkan pada perkara kecil maupun besar yang menyangkut stabilitas publik.

Program Studi Matematika FMIPA UAD pada hari Sabtu (9/12) mendatangkan dosen tamu untuk membahas tentang Biostatistik. Bertempat di Meeting Room Sargede Kampus II Universitas Ahmad Dahlan, kuliah dengan penerapan Statistika pada Bioinformatika ini dihadiri oleh mahasiswa dan dosen Program Studi Matematika, serta para dosen dan pejabat FMIPA.

Rohmatul Fajriah, Dr.techn., S.Si., M.Si., dosen statistik UII yang menjadi pembicara pada perkuliahan ini memaparkan tentang Statistics in Bioinformatics : Introduction, Roles, Statistics Method and The Experts. Statistics in bionformatics membutuhkan pemahaman dasar akan Statistika, Biologi, Kimia, Farmasi, Fisika, dan Informatika. Bioinformatika pertama kali digunakan pada tahun 1970 oleh orang Netherland.

Pada kesempatan ini, Rohmatul Fajriah juga menegaskan tentang keterampilan yang harus dimiliki oleh seorang bioinformaticist, yakni harus kritis, aktif mendengar, dan aktif menyampaikan pendapat.

Selama perkuliahan berlangsung, mahasiswa tidak hanya antusias menerima penjelasan tentang biostatistik, namun juga sangat aktif  tanya jawab langsung dengan pembicara. Pemberian cinderamata kepada pembicara menjadi akhir dari perkuliahan ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *