ORMAWA

Berikut ini Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang ada di FMIPA UAD.

1. Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM)

Dewan Perwakilan Mahasisa adalah organisasi tingkat legislatif didalam kampus, DPM sendiri memiliki 3 tugas pokok yaitu sebagai pengawas dari kerja BEM (eksekutif), sebagai advokasi, dan legislasi.

2. Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Badan Eksekutif Mahasiswa merupakan Organisasi Mahasiswa yang memiliki ranah kewenangan di Mahasiswa Fakultas MIPA UAD. BEM FMIPA memiliki tugas eksekutif, yaitu menyusun dan melaksanakan program kerja guna mendukung kegiatan akademik di FMIPA UAD. Pada periode 2016 – 2017 BEM FMIPA UAD dipimpin oleh sepasang gubernur dan wakil gubernur, yaitu Joko Eliyanto sebagai Gubernur Mahasiswa dan A’rof Khafinudin sebagai Wakil Gubernur Mahasiswa. Dibantu sekretaris dan bendahara serta 8 departemen BEM FMIPA melaksanakan tugasnya sebagai lembaga eksekutif. Pada periode ini BEM FMIPA mengusung “Kabinet FMIPA Berprestasi” dengan visi dan misi sebagai berikut :

Visi : “Mewujudkan mahasiswa FMIPA UAD yang islami, harmonis, berkepribadian, untuk FMIPA berprestasi”

Misi : (1) Mengembangkan dan memfasilitasi potensi mahasiswa FMIPA UAD di bidang akademik dan non akademik. (2) Membentuk mahasiswa FMIPA UAD yang berakhlak islami dan intelektual. (3) Membentuk mahasiswa FMIPA yang unggul, kreatif, inovatif dan berkarakter juara. (4) Bersinergi dengan ormawa FMIPA dan keluarga besar FMIPA UAD untuk FMIPA UAD berprestasi.

Berbagai Program Kerja telah disusun untuk memfasilitasi mahasiswa FMIPA UAD baik dalam bidang akademik dan non akademik seperti Program Pengenalan Kampus FMIPA, Milad FMIPA, Diskusi Ilmiah, Lomba PKM, Desa Binaan Fakultas, dll. Rincian program kerja dan update kegiatan BEM FMIPA dapat dilihat melalui bem.fmipa.uad.ac.id.

Berdasar minat mahasiswa FMIPA UAD, komunitas di tingkat fakultas adalah Komunitas Basket dan Komunitas Sketch Art.

3. Himpunan Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi (HMPS SI)

Merupakan himpunan yang berada dalam naungan Program Studi Sistem Informasi Universitas Ahmad Dahlan. HMPS SI mengutamakan tali kekeluargaan, koordinasi dan komunikasi kepada seluruh anggota HMPS khususnya dan keluarga besar Sistem Informasi pada umumnya. Kemudian menghasilkan kader atau anggota HMPS SI yang berwawasan global, berdaya saing, bertanggung jawab, berkarakter pemimpin dan islami.

Kelompok studi yang ditawarkan : web development, multimedia & desain grafis, sekuritas, dan android development.

4. Himpunan Mahasiswa Program Studi Fisika (HMPS Fisika)

Organisasi di bidang eksekutif yang menaungi kemahasiswaan di dalam program studi fisika

Kelompok studi yang ditawarkan : aeronotika melins.

5. Himpunan Mahasiswa Program Studi Biologi (HMPS Biologi)

Himpunan Mahasiswa Program Studi Biologi Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta periode 2016-2017.

Kelompok Studi : BINOBIO, BIOPERA, dan E-SCUAD.

Komunitas : BIOTIK dan BFC.

6. Himpunan Mahasiswa Program Studi Matematika (HMPS Matematika)

Himpunan Mahasiswa Program Studio Matematika adalah organisasi kemahasiswaan tingkat prodi. Pengurus HMPS Matematika adalah mahasiswa Matematika UAD yang berjumlah 37 orang dari semester 3 dan 5.

Kelompok studi yang ditawarkan : statistik, aljabar, dan komputasi.