KAMPUNG SAINS KARANGKAJEN

[PRES RELEASE]

Kampung Sains adalah tempat kegiatan belajar dan mengajar matematika dan sains dalam suasana non formal, menyenangkan namun mengedukasi. Bertempat di Kampung Karangkajen di kelurahan Brontokusuman Kecamatan Mergangsan Kota Yogyakarta, kegiatan ini dipelopori oleh akademisi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam  Universitas Ahmad Dahlan (FMIPA UAD) bersinergi  dengan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dan Masyarakat Karangkajen.  Tujuan  Kegiatan Kampung Sains adalah Sebagai sarana dan wadah untuk mengedukasi masyarakat dibidang matematika dan sains serta meningkatkan minat belajar masyarakat khususnya dibidang matematika dan sains guna mewujudkan Indonesia yang berkemajuan di bidang Sains dan Tekhnologi.

Konsep pembelajaran di Kampung Sains Karangkajen  adalah membuat gerai-gerai pembelajaran sains di teras/garasi rumah penduduk, masjid dan  aula serba guna kelurahan. Gerai-gerai ini diasuh oleh Bunda Sains dan Duta Sains yang direkrut dari ibu-ibu serta  remaja Kampung Karangkajen yang telah terlebih dahulu diberi pelatihan sains oleh akademisi FMIPA UAD.  Adapun  kegiatan edukasi sains yang dilaksanakan  berbentuk Demonstrasi, workshop, Pelatihan dan Bengkel Kerja. Demontrasi yang ditampilkan adalah demo sains, robot dan roket air. Workshop yang diselenggarakan Hand On Simple Sains, Hand On Math, Hand on Robotic, Hand on Water Rocket. Aneka pelatihan yang dilaksanakan antara lain  Pelatihan Duta Sains, Duta Matematika, Duta Robotic dan Duta  Water Rocket. Pengembangan Kampung sains ini diwadahi dalam suatu bengkel kerja berupa klub-klub  belajar yaitu klub Matematika, sains, Robotik dan Water Rocket.

Program Kampung Sains ini rencananya akan diresmikan pada hari sabtu tanggal 6 Mei 2017 oleh Deputi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Bidang Pendidikan Non Formal. yang diharapkan dapat menjadi sebuah pilot project untuk program edukasi dan literasi sains serta memasyarakatkan sains dengan cara yang menyenangkan sekaligus juga mampu memberikan  manfaat dari sisi ekonomi bagi masyarakat kampung sains. Dimasa yang akan datang, dengan adanya kegiatan kampung sains ini diharapkan semangat inovasi tehnologi muncul dari generasi muda kampung sains untuk mewujudkan Bangsa Indonesia yang Berkemajuan dalam bidang Ilmu Pengetahuan dan Tehnologi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *