FMIPA UAD dan FAST UTHM Kerjasama Adakan Kuliah Umum Tentang Aplikasi Riset Operasi

Senin (18/12), Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Ahmad Dahlan (FMIPA UAD) mengikuti kuliah umum bersama mahasiswa FAST Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) di Ruang Audit Utama Kampus III UAD.

Seperti diketahui, rombongan UTHM yang terdiri dari dosen dan mahasiswa tiba di UAD Kampus III pada senin pagi dan disambut ramah oleh dosen dan pejabat FMIPA UAD. Pada siang harinya, kedua universitas ini mengadakan kuliah umum tentang Aplikasi Riset Operasi. Kuliah Umum ini diisi oleh dosen dari FMIPA UAD dan FAST UTHM.

Dr Suliadi Firdaus bin Sufahami menjadi pembicara pertama pada kuliah umum ini menyampaikan tentang Operation Research and Real Life Application. Dosen FAST UTHM ini mengajak semua mahasiswa melakukan percobaan yang cukup menarik. Mahasiswa  terlebih dahulu dibagi menjadi empat kelompok untuk melakukan tiga percobaan yang  menggabungkan ilmu fisika dan matematika. Setiap kelompok berlomba menjadi yang tercepat menyelesaikan tentangan ini. Proses Student Activity berlangsung seru. Ditengah perkuliahan berlangsung, Suliadi juga menyiapkan bingkisan yang dibawa langsung dari Malaysia untuk para peserta yang berhasil menjawab soal.

Kemudian, perkuliahan dilanjutkan dengan materi kedua yang disampaikan oleh Dosen FMIPA UAD, yakni Dr. Sugiyarto S.Si.,M.Si. Pada kesempatan ini, Sugiyarto menyampaikan tentang Matematika Teknologi dan Industri. Sugiyarto juga mengajak tiga mahasiswa bimbingannya untuk presentasi dan berbagi ilmu terkait penelitian yang sedang mereka lakukan. Mereka adalah Nur Fatin Liyana, Endang Wahyuni, dan Ummi Aulia.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *