Analisis Statistik dengan SPSS

Pengolahan data statistik, baik yang berifat kualitatif maupun kuantitatif, dapat dilakukan secara manual atau komputerisasi. Pengolahan data secara manual tentu membutuhkan waktu yang relatif lama dan harus memiliki ketelitian tinggi dalam melakukan penghitungan. Sedangkan pengolahan secara komputerisasi memerlukan waktu yang singkat dengan hasil yang lebih tepat dan akurat dan mengurangi resiko kesalahan penghitungan.

Salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan untuk mengolah data statistik  secara komputerisasi adalah SPSS (Statistical Package for Social Science). SPSS telah banyak digunakan dalam melakukan analisis data statistik di berbagai riset pasar, pengendalian dan perbaikan mutu serta riset-riset sains.

Memahami akan besar dan luasnya manfaat SPSS di berbagai bidang kehidupan inilah, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Matematika menyelenggarakan Pelatihan Dasar SPSS bagi tahap pemula pada Minggu (21/09) di Laboratorium FMIPA dan Laboratorium JPMIPA, Kampus 3 UAD. Pelatihan yang diikuti oleh 75 peserta ini terbagi menjadi dua kelas. Kelas pertama dipandu oleh Iwan Tri Riyadi Yanto, S.Si., MIT., dosen Program Studi Sistem Informasi FMIPA. Sedang kelas kedua dipandu oleh Joko Purwadi, M.Sc., dosen Program Studi Matematika FMIPA.

Para peserta diperkenalkan tentang menu dan fungsi-fungsi dasar pada SPSS, input data statistik sampai pengolahan data statistik untuk kemudian dapat memperoleh data hasil analisis. “Dari pelatihan ini, diharapkan para peserta yang berasal dari berbagai disiplin bidang ilmu ini dapat menambah wawasan, pengetahuan, dan keterampilan peserta tentang SPSS” papar Irawati Tri Astuti, ketua panitia pelatihan tersebut.

Pelatihan SPSS 2014 (1)Pelatihan SPSS 2014 (5)Pelatihan SPSS 2014 (4)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *